Thursday 18 August 2016

HANI BERSAKSI

Kesaksian Hani dan Rekaman CCTV Dinilai Justru Ringankan Jessica

Saksi kunci kasus pembunuhan Mirna dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, Hani Juwita Boon. ANT/Akbar Nugroho Gumay.
Hani Juwita Boon, orang yang dianggap sebagai saksi kunci kasus kematian Wayan Mirna sudah dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) buat memberikan keterangan. Selain menghadirkan Hani, JPU juga memutar sebagian rekaman video closed circuit television (CCTV) Kafe Olivier, Grand Indonesia, di pengadilan.

Yudi Wibowo Sukinto, salah satu pengacara Jessica Kumala Wongso, menilai rekaman CCTV yang diputar justru semakin meringankan kliennya yang didakwa membunuh Mirna. "Dari alat bukti yang ditunjukkan kemarin, justru salah satu tidak ada yang diketemukan di video kalau Jessica yang membawanya," kata Yudi kepada Metrotvnews.com, Kamis (14/7/2016).

Keterangan Hani, kata Yudi, juga seolah menegaskan bila bukan Jessica yang membuat Mirna semaput usai meminum es kopi Vietnam. Sebab, dalam persidangan Hani terang-terangan tidak melihat langsung Jessica menaruh sesuatu di gelas kopi Mirna.

Bahkan, Hani juga sempat mengaku menyicipi kopi Mirna. Meski sedikit, tapi kopi di gelas Mirna itu juga masuk dalam tubuh Hani. Lantaran, Hani mengaku merasa panas di tengorokan usai menyicipi kopi di gelas Mirna.

"Bahkan Hani enggak apa-apa (usai menyicipi kopi Mirna). Enggak mati tuh," tambah Yudi.

Yudi dan tim kuasa hukum semakin yakin bisa membuktikan kalau Jessica tidak bersalah. Pasalnya, sampai saat ini fakta-fakta hukum di persidangan, menurut dia, belum ada hal yang menunjukkan kuat Jessica yang membunuh atau menaruh racun sianida di kopi Mirna.

Hani, rekan ngopi Mirna dan Jessica sudah memberikan keterangannya pada sidang lanjutan kasus kematian Mirna, Rabu 13 Juli. Hani dinilai sebagai saksi kunci yang diharapkan mampu mengungkap tabir kematian Mirna.

Hani menjelaskan runut cerita mulai dari mengenal Jessica dan Mirna, pertemuannya di Kafe Olivier, sampai Mirna semaput usai meminum es kopi Vietnam. Hani juga sempat dicecar sejumlah pertanyaan oleh Pengacara Jessica Otto Hasibuan.

Dia ditanya soal penegasan apakah selama pertemuan itu, Hani melihat langsung Jessica menaruh sesuatu di kopi Mirna. Hani pun menjawab tidak melihat.

JPU juga memutar rekaman video CCTV Kafe Olivier yang menunjukkan proses pertemuam Mirna, Jessica, dan Hani. Tapi, rekaman baru diputar sebagian.

No comments:

Post a Comment